Pemerintah Bekerjasama Dengan Jepang Untuk Pembangunan 1.000 Jalan Layang


Hubungan negara Indonesia sama Jepang emang sangat romantis sekali ya, banyak proyek-proyek di Indonesia yang ditangani oleh kontraktor Jepang, nah kali ini ada proyek pembangunan 1.000 jalan layang dari Pemerintah Indonesia yang akan ditangani Jepang.
Wakil Presiden kita Bapa Jusuf Kalla sebelumnya sudah memberi sinyal akan membangun kereta cepat Jakarta-Surabaya. Namun terkendala banyaknya perlintasan sebidang antara jalur kereta dan jalan raya.

Nah untuk menangani masalah ini Pemerintah kita akan bekerjasama dengan Jepang untuk membangun jalan layang diperlintasan sebidang Pulau Jawa. Sekitar 1.000 overpass dan underpass akan dibangun.

Terkait masalah ini Bapa Mentri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(PU-Pera), Basuki Hadimuljono, mengatakan "Untuk 1.000 overpass itu kita dengan Jepang, surveinya ada 988 overpass yang harus dibikin. Sekarang sedang dikerjasamakan dengan Jepang.", begitu kata Bapa Mentri saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis(26/1)

Saat ini, Pemerintah tengah membahas masalah pembiayaan proyek ini. Nantinya, akan ada dua opsi yaitu dengan pinjaman(loan) atau melalui kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

"Ini sedang dibahas apakah ini loan atau KPBU. Kan kalau yang Patimban itu KPBU", kata Bapa Mentri.

Menurut Bapa Basuki, detail untuk proyek jalan layang perlintasan ini berada di Kementrian Perhubungan. Sebab, Kemenhub yang bertanggung jawab untuk penyediaan prasarana dan transportasi.

"itu executing agency di Kemenhub, seperti Patimban. Kan waktu ada PM Abe yang dibicarakan ada tiga, Patimban, Kereta Jakarta-Surabaya, dan yang di PU hanya Bali Beach Conversation Project II dan irigasi. Yang kereta api ini di Kemenhub." Pungkasnya

Penulis: HotBatak
Sumber: Merdeka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dongeng Biksu Kecil(Issun Boshi)

Cerita Momotaro Bocah Buah Persik Dalam Bahasa Jepang Dan Indonesia

Pengen Chat-an Sama Orang Jepang ? Tapi Bahasa Jepang Pas-pasan ? Bukan Mimpi Kok