Belajar Huruf Katakana

Hallo minna kembali lagi bersama admin HotBatak disini, sekarang mimin mau ajarin kalian gimana cara baca huruf katakana setelah sebelumnya kita sudah belajar huruf hiragana.

Katakana adalah huruf yang digunakan untuk menulis serapan bahasa asing dalam bahasa Jepang, biasanya serapan dari bahasa Inggris, seperti Terebi(TV), Meeru(E-Mail), Dll.
Sama seperti huruf hiragana, huruf katakana juga memiliki 46 huruf dasar.

Berikut adalah tabel huruf katakana:

HURUF DASAR






DENGAN PENEKANAN




DENGAN ヤ、ユ、ヨ、エ KECIL



Catatan: Untuk vokal panjang yang ditulis dalam huruf katakana menggunakan karakter ー
れい(Rei: Contoh)
コンバーター(Konbaataa:Converter:Pengubah)
エレベーター(Erebeetaa:Elevator:Lift)

PENGGUNAAN HURUF KATAKANA

  • Kata-kata dalam bahasa asing(kecuali import-an dari cina kali ya), seperti チーズ(Chiizu:Cheese:Keju), センター(Senta:Center:Tengah).
  • Menulis nama orang asing, daerah diluar Jepang, negara selain Jepang. Contoh: ホットバタク(HottoBataku:HotBatak), インドネシア(Indoneshia:Indonesia),ジャカルタ(Jakaruta:Jakarta).
  • Nama-nama perusahaan juga terkadang memakai bahasa Jepang, sebagai contoh: トヨタ(Toyota).
  • Istilah teknis dan ilmiah dalam buku-buku biologi biasanya ditulis dalam huruf katakana. Sebagai contoh manusia dalam arti spesies, bukan ditulis 人(Hito) menggunakan kanji, tetapi ditulis ヒト(Hito) dalam huruf katakana.
  • Menulis omonatope(kata yang menirukan bunyi-bunyi dari sumber yang ingin digambarkan, seperti suara hewan) dalam bahasa Jepang juga menggunakan huruf katakana, sebagai contoh ニャー ニャー(Nyaa nyaa/suara kucing).
  • Menulis suatu kata yang ingin ditegaskan dalam bahasa Jepang, seperti di iklan-iklan. Sebagai contoh ココ(Koko: Disini), メガネ(Megane: Kacamata), Dll.
Ya sampai disini dulu minna artikel tentang belajar huruf katakana, bila ada yang ingin ditanyakan silahkan komen langsung dibawah :)

Sumber: Dari dalam lubuk otak dan sedikit searching

Penulis: HotBatak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dongeng Biksu Kecil(Issun Boshi)

Cerita Momotaro Bocah Buah Persik Dalam Bahasa Jepang Dan Indonesia

Pengen Chat-an Sama Orang Jepang ? Tapi Bahasa Jepang Pas-pasan ? Bukan Mimpi Kok